Senin, 18 Februari 2008

Andrea Hirata Syawalan Di UMY Jogja

Acara syawalan ini adalah merupakan agenda kegiatan tahunan yang dilaksankan setiap tahun oleh PP aisyiyah. acara ini dilakukan untuk sarana dan saling maaf-memaafkan dan halal bihalal bagi anggota 'Aisyiyah khususnya di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Namun, pada acara syawalan tahun ini ada acara spesial yaitu penghargaan kepada ibu Muslimah Hapsari yaitu salah satu tokoh dalam novel Bang Andrea Hirata yang mendapatkan penghargaan karena perjuangan beliau mengabdi dalam dunia pendidikan di Belitong.

Persiapan acara ini sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh tim MMU dan Bentang Pustaka, mulai dari persiapan pengiriman stok dan kordinasi dengan mas Salman {Bentang Pustaka} untuk membantu promosi dan publikasi acara ini.

Dalam kegiatan ini tim MMU mensupport acara dengan publikasi berupa beberapa spanduk acara Syawalan yang dipasang di lokasi Strategis di Yogyakarta dan sekitar sedangkan support dari Bentang adalah berupa tayangan Iklan di Kompas. Mengenai kemungkinan liputan dari pers, saya berkordinasi dengan PP 'Aisyiyah dan alhamdulillah beberapa media yang hadir ternyata cukup banyak..diantaranya adalah Metro TV, Jogja TV, RBTV, TVRI Yogyakarta, Kedaulatan Rakyat, Muhammadiyah Pers, dll. Saya sempat berbincang-bincang dengan mbak Lalita {Reporter Metro TV} mengenai standart peliputan {kalau2 ada acara Mizan lainnya yang bisa diliput} dan informasi yang saya dapatkan dari mbak Lalita bahwa motivasi utama dia meliput acara ini adalah bahwa tokohnya {Ibu Muslimah Hapsari dan Andrea Hirata} ini pernah tayang di Kick Andi dan termasuk dalam kelompok episode yang terbaik sehingga sudah memenuhi standart liputan Metro TV.

Secara umum. acara syawalan ini berlangsung cukup sukses, ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang hadir kurang lebih sekitar 2000 anggota 'Aisyiyah di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Din Syamsudin pimpinan Pusat Muhammadiyah {ketua MUI juga} dan Ibu Siti Chamamah Pimpinan Pusat PP 'Aisyiyah yang juga guru besar UGM.

Ada sesuatu hal yang menarik ketika Bang Andrea sedang mengomentari perihal penghargaan yang diterimanya {'Aisyiyah Award ini} tiba-tiba datang rombongan artis seperti; Zaskia Adya Mecca, Hengky Tornado, Ozy Syahputra, Syandi Syarif dan masih ada beberapa artis lainnya {saya lupa namanya}maka, sontak acara syawalan saat itu berubah menjadi jumpa fans karena mayoritas anggota 'Aisyiyah ini kan ibu-ibu maka, tak heran jika banyak yang mempotret, memberi salam, minta fhoto bareng....{Andrea yang sedang berbicara di podium terdiam cukup lama juga melihat kejadian ini}, untung acara jumpa artis tidak berlangsung lama karena rombongan artis ini segera diminta duduk oleh panitia dan anehnya..kedatangan rombongan artis ini sebelumnya tidak diketahui panitia karena tidak ada undangan khusus buat mereka...rupanya rombongan artis ini adalah tamu tak diundang....karena mengikuti Bapak Din Syamsudin..dan isunya artis-artis ini adalah pemain dalam film "Ayat-ayat Cinta" novelnya Mas Habib.

Saya hari itu cukup larut dalam suasana syawalan karena meriah dan harunya suasana terutama ketika Ibu Muslimah dan Bang Andrea mendapatkan penghargaan...suasananya cukup haru karena Ibu Muslimah sendiri tidak akan menyangka kalau beliau akan mendapatkan penghargaan..dan pada saat itu juga bapak Din Syamsudin memberikan uang sumbangan kepada Ibu Muslimah sejumlah 25 juta....Saya sempat tidak ingin meninggalkan acara ini karena saking khusuknya saya mengikuti acara...namun panggilan tugas membuat saya harus pergi...karena jam 12 saya harus bertemu dengan Mutya Hafids di MP Book Point untuk memberikan hadiah titipan dari Mas Hernowo kepada Pak andi F Noya dan Mutya Hafidz.

Dari sisi penjualan, tidak sesuai yang saya perkirakan..prediksi saya pada acara ini Buku Laskar Pelangi akan terjual lebih dari 500 eks ternyata hanya terjual 1/4 saja yaitu sejumlah 246 eks. Sedangkan Sang pemimpi terjual 29 eks dan Edensor 46 eks serta Komik 5 eks. Hitungan tersebut masih dari buku terjual jadi oleh PP Aisyiyah belum di hitung saldo stoknya sehingga bisa jadi penjualnnya lebih dari itu. Ada kabar gembira mengenai sisa stok yang ada khusunya Laskar Pelangi, rencananya akan dibeli oleh PP Muhammadiyah untuk dibagikan secara gratis kepada guru-guru muhammadiyah di seluruh indonesia. Mudah-mudahan ini jadi kenyataan sehingga ongkos kirimnya bisa terpenuhi.

Mengenai laporan dan hasil penjualannya akan saya selesaikan hari ini. Jadi ini dulu laporan kegiatan acara Syawalan, mudah-mudahan di masa yang akan datang akan ada lagi buku-buku baru kelompok Mizan lainnya yang dapat mengikuti sukses laskar pelangi bukan hanya pada sisi penjualan tetapi juga pesan moral yang disampaikan kepada para pembaca. Amien.dan mudah-mudahan akan ada acara seperti ini lainya yang lebih sukses.